Pentingkah Reward Management?

  Administrator   2017-11-29 14:46:09

Reward Management? merupakan sistem pengelolaan reward yang familiar di telinga kita, dari mulai jenis usaha kecil sampai perusahaan-perusahaan besar memberikan reward pada pegawainya dengan berbagai cara, yaitu dalam bentuk financial ataupun non-financial. Dalam artikel ini kita akan fokuskan pada pembahasan reward management dalam bentuk financial.

Dalam bentuk financialreward management dapat diterapkan melalui memberikan incentive secara langsung terhadap pencapaian kinerja yang terukur secara kuantitatif, misalnya berdasarkan jumlah produk yang diproduksi dan zero accident untuk bagian produksi, pencapaian revenue dan jumlah customer baru untuk bagian marketing, dll. Selain pemberian incentive, dibeberapa perusahaan mengenal pembagian bonus setiap 6 bulanan ataupun tahunan. Strategi pemberian reward disetiap perusahaan berbeda-beda tergantung jenis usaha dan kebijakan perusahaan itu sendiri.

Beberapa perusahaan enggan memberikan reward dalam bentuk financial kepada karyawannya karena sebagian pimpinan perusahaan berpendapat bahwa gaji bulanan yang diberikan kepada karyawannya sudah cukup besar sehingga tidak perlu lagi memberikan reward, atau sebagian lagi berpikir bahwa reward akan mengurangi pendapatan perusahaan, atau bahkan mungkin beberapa pimpinan tidak tahu cara dan strategi yang tepat dalam pemberian reward.

Hal penting yang harus diperhatikan dalam penerapan reward management adalah strategi pemberian reward itu sendiri, baik dari sisi persentase incentive ataupun besaran bonus yang diberikan. Karena baik incentive maupun bonus merupakan tambahan penghasilan yang didapat karyawan diluar gaji bulanan. Sehingga sebelum muncul sebagai kebijakan yang diberlakukan di internal perusahaan, hal yang harus diperhatikan oleh perusahaan adalah penetapan forecast yang baik dan pengaturan cash flow yang tepat, untuk menjamin komitmen perusahaan kepada karyawan terkait reward dapat dipenuhi. Karena tentunya setiap perusahaan menginginkan dengan adanya reward management akan memberikan dampak positif bagi perusahaan.

Penerapan reward management kepada karyawan secara tepat memberikan banyak keuntungan bagi perusahaan, yaitu:

  1. Membangun iklim yang positif
    Iklim positif dibangun melalui energi positif yang terpancar dari setiap karyawan. Apabila karyawan merasa bahwa perusahaan memberikan harapan dan kejelasan untuk masa depan dan kinerja terbaik, maka iklim kerja kondusif yang dilandasi dengan kepercayaan, semangat bersama dan rasa memiliki terhadap perusahaan dapat terwujud. Sehingga visi, misi dan sasaran strategis perusahaan akan selaras dengan sasaran strategis individu.
  2. Meningkatkan motivasi kerja karyawan
    Reward management merupakan cara yang tepat untuk meningkatkan motivasi kerja karyawan. Dalam reward management akan ada pembeda antara great performers dengan poor performers yang berdampak pada pemberian reward yang berbeda terhadap great performers dan poor performers, sehingga setiap karyawan akan termotivasi untuk berlomba-lomba meningkatkan kinerja mereka agar menjadi great performers. Suasana seperti ini yang akan mendorong perusahaan menjadi lebih efektif dan efisien dengan mengutamakan quality, optimum cost dan speed (delivery) sehingga meningkatkan daya saing perusahaan.
  3. Meningkatkan revenue perusahaan
    Seperti telah dijelaskan sebelumnya motivasi kerja karyawan yang tinggi akan menghasilkan kinerja yang excellence. Sehingga berdampak pada peningkatan produktivitas kerja yang berkorelasi positif dengan pencapaian revenue perusahaan.
  4. Meningkatkan engagement karyawan
    Terkadang suatu perusahaan disibukkan dengan resign-nya karyawan berprestasi dan karyawan tidak berprestasi malah masih betah duduk dikursinya. Apa yang salah? Apakah kita sudah cukup memberikan apresiasi kepada karyawan berprestasi? Atau bahkan kita terlalu memberikan fasilitas berlebihan kepada karyawan tidak berprestasi?
    Melalui reward management maka karyawan berprestasi merasa lebih engage? kepada perusahan dan ingin lebih meningkatkan kinerjanya, sedangkan karyawan tidak berprestasi menjadi terusik, dapat menjadi termotivasi untuk meningkatkan kinerjanya atau bahkan mengundurkan diri jika yang bersangkutan tidak siap berubah.

Begitu pentingnya reward management bagi karyawan dan perusahaan, sudahkah perusahaan Anda menerapkan reward management?

Kategori Artikel