Mengembangkan Sikap Positif Di Tempat Kerja

  Administrator   2017-11-29 14:42:32

Apakah saat ini Anda mendapati diri Anda mengerjakan sesuatu yang tidak Anda sukai atau memang lingkungan tempat Anda bekerja tidak menyenangkan, seperti gaji yang tidak sesuai, rekan kerja yang tidak menyenangkan atau atasan yang mengerikan. Sehingga Anda berpikiran untuk pergi dan mengundurkan diri dari tempat Anda bekerja itu. Stop! Hilangkan pikiran seperti itu karena jika memilih untuk menyerah dan keluar dari sana maka tidak akan ada yang bisa menjamin Anda, untuk menemukan pekerjaan yang lebih baik lagi.

Adalah jauh lebih bijaksana jika Anda menjernihkan pikiran sejenak dan mencari jalan keluar yang lebih baik. Karena sebenarnya ada satu pilihan yang baik untuk Anda terapkan. Cobalah untuk belajar bagaimana menjaga sikap positif di tempat Anda bekerja. Dan kemudian membuat Anda benar-benar menikmati pekerjaan Anda. Memang cukup sulit untuk menerapkan hal itu dalam kenyataannya, tetapi tidak ada salahnya untuk Anda pahami dahulu bagaimana cara untuk mengembangkan sikap positif di tempat Anda bekerja.

Berikut langkah-langkah untuk mengembangkan sikap positif di tempat kerja yang memungkinkan untuk Anda meraih kesuksesan didalam pekerjaan Anda:

  1. Pertama, ingat selalu bahwa sikap positif yang Anda pilih merupakan kunci bagi Anda untuk meraih kesuksesan. Karena sikap negatif akan selalu menjauhkan Anda dari kata sukses sedangkan sikap positif akan mendekatkan Anda kepada kesuksesan. Jadi saat Anda dihadapkan pada suatu masalah dalam pekerjaan maka tanyakan pada diri bagaimana cara Anda untuk menyikapinya? Bila Anda terpancing dengan emosi dan terlarut dalam masalah itu maka bisa dipastikan pekerjaan Anda pun akan terbengkalai yang mungkin disebabkan oleh masalah yang tidak terlalu penting. Jadi santailah dan cobalah untuk menghadapinya dengan senyuman, jagalah sikap positif Anda maka Anda akan tetap fokus pada pekerjaan sehingga pekerjaan Anda dapat diselesaikan dengan baik dan tepat pada waktunya.
  2. Cobalah Anda melihat dari aspek-aspek yang positif pada pekerjaan Anda, mungkin Anda saat ini bekerja didalam ruangan dan tidak perlu menderita karena tersengat matahari. Jadikan inspirasi sebagai alasan bahwa Anda akan pergi bekerja, karena ketika Anda melihat pada aspek-aspek yang positif dan bersyukur atas itu semua maka Anda akan mendapatkan yang lebih lagi untuk disyukuri.
  3. Setiap pekerjaan tidak selalu berjalan dengan seperti yang diharapkan, tetapi jika kita sadari kebanyakan orang berbicara tentang apa yang tidak berhasil atau tidak berjalan sesuai harapan. Anda dapat membuat perbedaan dengan membicarakan keberhasilan Anda, misalnya: hubungan yang baik dengan rekan, atasan, mitra bisnis ataupun prestasi yang diraih dalam pekerjaan.
  4. Rajin dan proaktif. Di satu sisi jika Anda tidak menyukai pekerjaan atau tugas-tugas yang diberikan maka Anda akan menderita berkepanjangan begitu pula jika Anda menunda-nunda untuk menuntaskannya. Tetapi akan berbeda jika Anda berhasil menyelesaikan pekerjaan atau tugas-tugas itu karena Anda akan merasa seperti telah mendapat prestasi dan perasaan yang tenang karena semuanya telah dituntaskan.
  5. Cobalah melakukan sesuatu yang menantang, Anda dapat memulainya dengan melakukan hal yang paling mudah dalam pekerjaan untuk kemudian mengerjakan bagian-bagian tersulit dalam pekerjaan. Berikan apresiasi untuk diri sendiri saat Anda mampu mengerjakannya, karena itu akan membuat Anda merasa berbahagia dengan keberhasilan Anda. Mental Anda harus dilatih untuk selalu bersyukur atas kemenangan-kemenangan kecil dalam hidup Anda, untuk kemudian bersiap menghadapi tantangan selanjutnya. Hal ini dapat membantu Anda untuk berkembang dan mendapatkan promosi serta peningkatan dalam salary.
  6. Apapun masalah yang terjadi dirumah atau dilingkungan lainnya, janganlah Anda mengeluh kepada orang-orang disekitar tempat kerja dan menceritakan betapa sulit hidup Anda. Jadilah pribadi yang positif dan dapat menerima hal itu. Semua orang ingin berhubungan dengan pribadi yang positif.
  7. Saat Anda ingin menjalin sebuah hubungan dengan semua orang, buatlah prioritas untuk berhubungan dengan orang yang positif. Gunakan intuisi dan pengamatan kepada orang yang selalu tersenyum dan selalu menampilkan semangat pada dirinya dan orang lain. Karena sikap positif itu bersifat menular.

Dengan menjaga sikap positif di tempat kerja maka pekerjaan Anda akan terasa jauh lebih mudah. Mulailah mencintai apa yang Anda lakukan dan rekan-rekan kerja Anda dan syukurilah apa yang Anda miliki saat ini.

Kategori Artikel