IT Talent Factory

  Administrator   2017-11-29 14:05:51

Merupakan suatu program pengembangan kompetensi IT yang dikembangkan oleh D&D Consulting bersama-sama dengan Iverson Technology yang ditujukan bagi para mahasiswa tingkat akhir atau fresh graduate agar kompetensi yang mereka miliki diakui secara international untuk bidang-bidang IT tertentu melalui program sertifikasi IT (Recognize Current Competency).

Mengapa Kami mengembangkan Talent Factory?

Data survey menunjukkan bahwa tidak terfasilitasinya pencari kerja dengan kebutuhan industri disebabkan oleh banyak faktor tetapi faktor yang paling dominan adalah faktor yang terkait dengan Talent (skill & knowledge). Sebagaimana digambarkan dalam grafik berikut.




Dari grafik diatas nampak bahwa isu utama terkait dengan SDM yang dihadapi organisasi adalah ketidakmampuan untuk memfasilitasi pengembangan keahlian SDM yang begitu cepat dalam memenuhi kebutuhan bisnis saat ini dan dimasa mendatang.

Untuk mengatasi hal itu, Kami merasa perlu untuk membangun kompetensi SDM agar sesuai dengan kebutuhan industry. Peran Kami sebagai pencari talent (recruiter), pengembang talent (training provider), memfasilitasi program sertifikasi (bekerja sama dengan promatrix) sekaligus menjembatani kebutuhan perusahaan terhadap kebutuhan IT professional (international certified IT) Placement. Melalui program ini diharapkan Kami dapat berkontribusi dalam pengembangan SDM berkualitas untuk menyongsong Afta 2013, sekaligus memberikan kesempatan kepada generasi muda bangsa ini untuk berkiprah didunia kerja secara lebih berarti, bukan dalam arti memperoleh pendapatan yang memadai saja tetapi mampu memberikan kontribusi yang optimal bagi organisasi. Sehingga Talented People sebagai output IT Talent Factory ini betul-betul merupakan SDM yang berkualitas tinggi secara berimbang baik secara soft competency maupun technical competency.

IT Talent Factory Framework yang dikembangkan oleh D&D Consulting bekerjasama dengan Iverson Technology adalah sebagai berikut:

Program training untuk sertifikasi IT yang kami berikan kepada para mahasiswa adalah mencakup:

  1. Networking (CISCO Certified)
  2. Infrastructure (Microsoft Certified)
  3. Database (Microsoft Certified)
  4. Programming & Business Process (Certified)

Setiap mahasiswa berhak untuk memilih salah satu program yang diminatinya, karena konsep Kami adalah, Recruit a happy person for the right placement sehingga semuanya disesuaikan dengan minat dan bakat applicant.

IT Talent Factory yang pertama dilaksanakan di Kampus Institut Teknologi Telkom Bandung, bulan April 2012 Animo mahasiswa terhadap program ini cukup besar ditandai dengan banyaknya mahasiswa yang mendaftar dalam program ini. Hari pertama pembukaan IT Talent Factory, tercatat 350 orang mahasiswa yang mendaftarkan diri. Namun tidak berarti semua mahasiswa tersebut akan diterima, karena seleksi yang Kami lakukan sangat ketat, mungkin jauh lebih ketat dibandingkan proses recruitment yang dilakukan oleh kebanyakan perusahaan-perusahaan di Indonesia, karena Kami ingin meyakinkan perusahaan tempat talent people Kami bekerja nantinya, bahwa hasil Talent Factory Kami mampu melampaui pesyaratan jabatan yang ditetapkan organisasi (exceed expectation), baik dari aspek technical competency maupun soft competency.

Adapun cakupan test dalam proses recruitment dan selection adalah:

  1. Screening: IPK dan kegiatan mahasiswa
  2. Psychometric test: numeric, verbal, analytic
  3. Emotional Intelligence
  4. Multiple Intelligence
  5. Personality Test
  6. Kreplin Test
  7. Depth Interview

Untuk proses 2 sampai dengan 5, Kami menggunakan software yang sudah teruji validitasnya dalam, untuk meyakinkan hasil assessment Kami, maka Kami melakukan depth interview.

Motto Kami adalah Bringing Organization Excellence through People, System & Technology

Kami berharap dengan hadirnya service terkait IT Talent Factory, Kami bersama-sama Mitra Bisnis Kami mampu membawa organisasi menuju kesempurnaan melalui SDM, sistem dan teknologi.

Kategori Artikel